Membuat Situs Jejaring Sosial dengan Jcow

Tuesday 13 March 2012

Siapa hari gini yang tidak kenal facebook, twitter, google plus, ketiganya merupakan situs jejaring sosial terbesar di dunia, sebenarnya masih banyak list situs jejaring sosial tapi seperti yang kita tahu hanya ketiganya yang sedang digandrungi oleh banyak umat manusia sekarang ini. ketiganya telah melampaui para pesaing sebelumnya seperti friendster, mySpace, dll.

Mungkin di benak dan fikiran teman-teman pernah terbersit ingin membuat situs jejaring sosial semacam facebook, dkk, begitu pula dengan saya yang berangan-angan menjadi seperti mark zuckerbeg, larry page, sergey brin, hallah itu cuma angan-angan kosong belaka, perlu diketahui ketiganya merupakan tokoh IT idola saya hehehe

Baiklah saya disini ingin menginformasikan bahwasanya teman-teman juga bisa membuat situs jejaring sosial layaknya facebook, tapi tidak dengan coding sendiri melainkan dengan bantuan CMS atau software dalam hosting. tapi kalo temen2 mau coding sendiri silahkan saja kalo bisa ^_^.

seperti yang saya sebutkan diatas kita bisa membuat situs jejaring sosial dengan bantuan CMS (Content Management System) dan salah satu CMS yang bisa membantu kita membuat situs seperti facebook adalah CMS Jcow.
Sebenarnya tidak cuma CMS Jcow saja tapi kita juga bisa menggunakan CMS elgg, dll. tapi pada postingan kali ini saya ingin berbagi pengalaman membuat situs jejaring sosial dengan menggunakan CMS Jcow.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. pastikan anda sudah mempunyai Hosting (saya sarankan yang berbayar, yang gratis juga boleh)

2. Masuk ke akun cPnel hosting anda, dan pilih auto installer/penginstal otomatis



2. setelah itu akan ada pilihan banyak CMS, silahkan anda pilih Jcow dan klik instal, kali ini Jcow yang tersedia adalah Jcow versi 6.0 berikut screenshootnya


3. setelah klik instal akan muncul tulisan bahwasanya kita telah berhasil menginstal CMS Jcow


perlu dicatat yang saya lingkari harus dicatat dan disimpan baik-baik karena nantinya akan digunakan untuk login ke database mysQl anda. sampai sini kita sudah memiliki situs jejaring sosial layaknya facebook, hmm mudah juga yaa membuat situs ginian wkekeke, tapi ingat lho kita bukan apa2 dibanding jejaring sosial yang besar karena kita hanya memakai CMS.

setelah itu coba cek URL web anda dan lihat hasilnya, berikut contoh situs jejaring sosial buatan saya dengan memakai Jcow



sampai sini anda sudah bisa memiliki akses login ke jejaring sosial anda yang baru dan bisa mengajak teman-teman anda untuk bergabung. dan untuk mengatur privasi seperti bagaimana calon anggota harus mendaftar, langkah-langkah apa saja yang harus dipenuhi sebelum menjadi member, dsb anda tinggal akses akun admin anda.

perlu diketahui template diatas hanya tampilan default dari jcow begitu juga dengan logo Jcow nya, tapi itu semua bisa diganti dengan tempate yang sudah disediakan dari situs resminya disini.

Semoga bermanfaat postingan kali ini, nah cara untuk mengganti template dan logo jcow nya akan saya bahas di postingan berikutnya, sabar yaa ^_^

- CMIWW -
Rating: 4.5
Share this article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Car Models 2013 All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.