Waspada 10 virus Android

Monday 9 April 2012


virus android
Masyarakat indonesia yang sudah menggunakan perangkat android nampaknya sudah semakin meraja lela, semakin berkembangnya pengguna android semakin bertambah pula tingkat keamanan android dari virus2 yang disebarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. namun seperti yang kita tahu ternyata android pun memiliki berbagai macam virus yang bisa mengancam smart phone yang kita miliki, dan hingga saat ini google telah menghapus lebih dari 75 aplikasi legal yang berbahaya, lalu apa saja yang merupakan kategori virus android ? berikut akan saya paparkan dari berbagai sumber:

1. Android PjappsM

Pada awal tahun 2010 salah seorang cracker (penjahat cyber) mendownload aplikasi/program legal dari android market yang sekarang berubah nama menjadi google play, untuk kemudian di infeksinya dengan malware android Pjapps. Versi modifikasi itu didistribusi ulang ke market place android pihak ketiga. virus ini berimplikasi selain dapat menyedot pulsa dengan mengirim sms premium malware ini bertujuan mencuri isi data penggunanya yang perangkat androidnya telah terinfeksi.

2. Android Genimini

Trojan yang dikenal bernama geimini ini pertama kali menyebar di china, virus ini menginfeksi game android dan jika telah terinstal pada smartphone android maka akan menjadi sebuah Botnet Mobile yang dapat dikendalikan oleh penyebar virus tersebut melalui jarak jauh lhooo. (wuideaaaannnnn)

3. AndroidOS FakePlayer

Menurut Symantec, aplikasi yang berstatus tidak jelas ini dapat menyamarkan diri sebagai aplikasi pemutar video, secara diam-diam aplikasi ini dapat menguras pulsa dengan mengirimkan sms premium ke nomor negara di rusia dan tanpa diketahui oleh penggunanya.

4. DroidDream (Android Rootcager)

Droiddream termasuk malware yang cukup sadis dan ganas karena dapat menginfeksi sekitar 60 aplikasi berbeda di android market (red. google play). malware ini juga dapat menginfeksi ratusan ribu pengguna smartphone android . malware ini juga dapat mengubah smartphone android yang telah terinfeksi menjadi sebuah botnet, menembus sistem android, menginstal aplikasi tambahan dengan sendirinya dan juga mencuri data.

5. Android Bgserv

Beberapa saat setelah terjangkit dan terinfeksi droidDream, google merilis sebuah aplikasi lain yang dapat mensterilkan smartphone android yang telah terinfeksi. namun ternyata penjahat cyber memanfaat situasi ini dengan merilis versi palsu dari aplikasi ini. akan tetapi virus ini tidak terlalu bahaya meskipun ada kemungkinan data2 pengguna android akan hilang

6. GGTracker 

Ancaman GGTracker dinyatakan cukup berbahaya, penjahat cyber dapat mengelabuhi pengguna android dengan membuat halaman situs web versi mobile yang terlihat seperti android market (google play) dan ternyata sebagian besar pengguna sempat terjebak mendownload aplikasi penghemat baterai palsu. jika aplikasi ini sampai terinstal maka malware ini akan mengirimkan SMS premium dengan biaya sampai USD 40 per SMS tanpa diketahui oleh penggunanya.

7. DroidKungfu

Teknik membuat malware ini adalah mendistribusi aplikasi legal dari google play kemudia menunggu banyak yang mengunduhnya, lalu menginjeksinya dengan malware ketika pengguna melakukan update Over The Air (OTA)

8. Android Plankton

Virus ini sering nangkring di game angry birds rio unlock, bagi teman2 yang suka memainkan game ini bila ada tampilan notifikasi sebuah tulisan are you sure you want to unlock all level ? jawab saja dengan "NO" karena itu sebuah notifikasi bahwa virus trojan akan memasuki system andoid anda.

9. Aplikasi bank palsu

tujuan dibuatnya adalah untuk mencuri data informasi rekening pengguna dan dapat mengambil uang di rekening pengguna untuk ditransfer ke rekening lain tanpa sepengetahuan pengguna.

10. Virus Android sistem messenger

Virus ini merupakan varian dari trojan yang mampu merekam pembicaraan atau percakapan di telefon melalui smartphone android.

Itulah 10 virus android yang cukup ganas bagi kita pengguna smatphone android, tapi nggak usah khawatir karena setiap ada penyakit pasti ada obatnya dan setiap ada virus insya allah pasti ada antivirus nya, nah lalu apa saja antivirus untuk android ?? nah untuk antivirus android akan saya bahas di postingan berikutnya.

Semoga kita semua lebih berhati-hati dalam mendownload aplikasi dari google play.

( 3 ).
Share this article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Car Models 2013 All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.